MEMANFAATKAN ROUTER BEKAS SPEEDY MENJADI SWITCH VLAN DI MIKROTIK



MEMANFAATKAN ROUTER BEKAS SPEEDY MENJADI SWITCH VLAN DI MIKROTIK

MEMANFAATKAN ROUTER BEKAS SPEEDY MENJADI SWITCH VLAN DI MIKROTIK

Group PM dan Belajar : https://www.facebook.com/groups/287091345290701/
WA:082388822224.
kami membahas seputar rt rw net beserta tropologi dan beberapa perangkat .untuk mendapatkan update video silahkan klik subscribe dan like,lonceng,bagikakan/share video-video ini agar tidak ketinggalan video selanjutnya .
Pada tutorial kali ini admin akan mencoba membagikan tutorial bagaimana caranya untuk memanfaatkan router bekas milik speedy telkom menjadi switch vlan .
dan dalam video dijelaskan cara setting modem tersebut menjadi swicth vlan dan kemudian tiap tiap port modem tersebut nantinya akan tampil di interface mikrotik sebagai interface vlan.dan kita bisa costume port tersebut sesuai selera kita layaknya port mikrotik pada umumnya . dan ini bisa rekan-rekan manfaatkan bagi rekan-rekan yang kekurangan port mikrotik tanpa harus beli lagi mikrotiknya .

tentu rekan-rekan bertanya-tanya apa beda vlan ini dengan swicth biasa . menurut admin bedanya cukup jauh .jika swicth biasa fungsinya hanya untuk perantara atau penghubung saja . dan pada swicth biasa tiap-tiap port tidak bisa di setting atau di costume port nya sesuai selera kita dan masih dalam satu broadcast domain yang sama . tentu ini akan menyebabkan jika terlalu banyak user akan sering terjadi looping atau dan broadcast domain yang tinggi dan menyebabkan jaringan menjadi down .
sedangkan pada vlan tiap-tiap port nantinya bisa kita setting di mikrotik mau dijadikan apa port tersebut terserah kita .ya layaknya port interface mikrtoik pada umumnya .dan dhcp kita bisa berikan pool yang berbeda-beda tiap2 port tersebut .dan yang pastinya broadcast domainnya terpisah . yang manfaatnya akan membuat jaringan lancar karna memiliki broadcast domain yang kecil .
dan cara ini sebenarnya sudah admin terapkan selama 2 tahun .karena dulu sering gangguan dan akhirnya admin narik kabel beserta modem bekas ini ke suatu tempat dan di pecah menjadi 4 vlan .dan hasilnya joss walaupun user banyak tidak masalah . dan yang pastinya lancar jaya. .

Comments are closed.