Cara Konfigurasi VLAN di Cisco Packet Tracer Dengan Satu Switch Virtual Belajar TKJ || Part 1



Cara Konfigurasi VLAN di Cisco Packet Tracer Dengan Satu Switch Virtual Belajar TKJ || Part 1

Cara Konfigurasi VLAN di Cisco Packet Tracer Dengan Satu Switch Virtual Belajar TKJ || Part 1

Seperti pada materi sebelumnya tentang vlan, bahwa salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep vlan dalam jaringan komputer adalah dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk belajar cara konfigurasi vlan adalah dengan menggunakan cisco paket tracer.
Pada aplikasi simulasi cisco paket tracer kita bisa membuat jaringan simulator vlan. Walaupun hanya sebuah simulasi akan tetapi pemanfaatannya akan sama saat kita konfigurasi vlan dengan alat sebenarnya.

Salah satu contoh konfigurasi vlan di cisco paket tracer ini adalah dengan menggunakan satu swicth. Maksudnya adalah konfugurasi vlan ini kita lakukan hanya di satu switch yang berarti jaringan komputer yang terbentuk terpusat di satu switch.

Tahap pertama sebelum konfigurasi vlan switch di cisco paket tracer adalah kita buatkan terlebih dahulu sebuah topologi dan tabel perencanaan. Tujuannya adalah supaya kita dapat lebih mudah dan terarah dalam menyelesaikan suatu konfigurasi vlan di cisco paket tracer.
Berikut ini adalah topologi dan tabel perencanaan yang akan kita buat dalam menerapkan konfigurasi vlan pada switch di cisco paket tracer.

Berkaitan dengan materi ini adalah mode trunk, mode access, switchport mode access, switchport access vlan 10, switchport access vlan 20, switchport mode trunk, interfaces fastEthernet 0/0, Untuk praktek tkj indonesia pembelajaran Teknologi WAN aij administrasi infrastruktur jaringan kelas xi administrasi sistem jaringan asj teknologi layanan jaringan Telajar tlj dan tekwan. jaringan komputer dan jaringan dasar tkj pembelajaran tkj dan sebagainya, Salam TKJ Indonesia.

Vlan #1
https://youtu.be/pt01bn7rMw0
Vlan #2
https://www.youtube.com/watch?v=9_ST4S34hXU
Vlan #3
https://www.youtube.com/watch?v=us_Bd6IgXsc

#vlan
#vlan_switch
#vitual_Local_Area_Network .

Comments are closed.