Mengenal Visual Studio Code/ VS code untuk pemula



Mengenal Visual Studio Code/ VS code untuk pemula

Mengenal Visual Studio Code/ VS code untuk pemula

Praktisnya menggunakan Visual Studio Code/ VS code untuk pemula, video ini membahas kelebihan visual studio code. “Visual Code Studio adalah sebuah code editor gratis yang bisa dijalankan di perangkat desktop berbasis Windows, Linux, dan MacOS. Code editor ini dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, Microsoft.”

“Visual Code adalah software editor yang powerful, tapi tetap ringan ketika digunakan. Ia bisa dipakai untuk membuat dan mengedit source code berbagai bahasa pemrograman. Misalnya, seperti JavaScript, TypeScript, dan Node.js.”
“Bahkan, Visual Code Studio juga kompatibel dengan bahasa dan runtime environment lain, seperti PHP, Python, Java, dan .NET. Hal ini berkat ekosistemnya yang luas dan ketersediaan extension yang melimpah.”

“Maka tidak heran, jika Visual Code adalah code editor terpopuler saat ini. Hal ini terbukti dari survey Stack Overflow, di mana software yang satu ini menduduki peringkat teratas dengan persentase pengguna 71.06% ditahun 2021.”

1. Basic Editing
“Sesuai fungsinya sebagai code editor, kemampuan Visual Code Studio untuk coding tidak perlu diragukan lagi. Ia punya semua yang Anda butuhkan. Mulai dari Keyboard Shortcuts, Multiple Selection, hingga Column Selection.
Bahkan, Visual Code juga menambahkan fitur Auto Save dan Hot Exit. Keduanya berfungsi untuk menyimpan file secara otomatis. Hal ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti lupa menyimpan file.”
2. IntelliSense
“IntelliSense adalah fitur Visual Studio yang dapat memudahkan proses coding. Cara kerjanya mirip dengan Autocomplete, yakni menyarankan keseluruhan kata berdasarkan apa yang Anda ketik.
Nah, IntelliSense tersedia secara default untuk JavaScript, TypeScript, JSON, HTML, dan CSS. Namun jangan khawatir, Anda dapat menambahkan IntelliSense untuk bahasa pemrograman lain lewat Extension Marketplace.”
3. Debugging
“Fitur kunci lainnya di Visual Code adalah Debugging. Fitur ini berguna untuk memudahkan Anda dalam mengedit, meng-compile, dan mengeksekusi kode berulang kali (looping).
Secara default, Visual Studio menyediakan fitur Debugging untuk Node.js. Namun, Debugging untuk bahasa pemrograman lain tetap dapat Anda unduh melalui Extension Marketplace.”
4. Extention marketplace
“Extension Marketplace adalah fitur yang membuat Visual Code Studio unggul jauh dari para pesaingnya. Dengan Extension, Anda bisa dengan mudah menginstall tools, debuggers, bahkan bahasa pemrograman tambahan.
Dengan begitu, proses website development Anda jadi lebih cepat. Menariknya lagi, Visual Code memungkinkan para pembuat Extension berkontribusi secara fungsional, guna menghindari masalah kompatibilitas.”
5. Github Integration
“Fitur unggulan lain dari Visual Code adalah integrasi Github, platform manajemen project terpopuler di dunia. Di sini, Anda dapat berbagi code dan berkolaborasi dengan rekan kerja, tanpa perlu berpindah software.
Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan akun Github, kemudian menginstall Github Pull Request and Issues melalui Extension Marketplace.”
1. Tersedia dibanyak platform
“Visual Code dapat diinstall di platform Linux, MacOS, dan Windows. Jadi, tidak ada lagi kendala dukungan terhadap perangkat yang Anda gunakan.”
2. Fitur Lengkap
“Seperti yang sudah dijelaskan, kelengkapan fitur menjadi keunggulan utama Visual Studio. Hal ini berkat adanya Extension Marketplace, sehingga Anda bisa menambah fitur-fiturnya dengan bebas.”
3. Performa cepat
“Meski dijejali banyak Extension, performa Visual Code Studio tetap tangguh. Sebab, Extension yang tersedia telah dioptimasi sedemikian rupa, sehingga tidak mempengaruhi kinerja code editor ini.”
4. Dukungan arsitektur yang baik
“Visual Studio menggunakan berbagai teknologi terbaik di dalamnya. Seperti Electron untuk pengembangan JavaScript dan Node.js, Monaco Cloud Editor untuk HTML, Roslyn untuk .NET, dan sebagainya.”
“Memiliki extention yang banyak serta fitur-fitur mutakhir Visual Studio Code ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di computer atau laptop yang memiliki memori di bawah 8 GB.”

“ini kita anggap sebuah kekurangan dibandingkan code editor lain ya?”
“kita bisa mendapatkan software code editor keren ini melalui link https://code.visualstudio.com/download”

“Pelajari dan hafal shortcut yang disedakan VSC agar proses kerja kita dalam mengetik kode program jauh lebih cepat”
#vscode #visualstudiocode #microsoftvisualstudio

Comments are closed.