phpMyAdmin – Belajar DML Untuk Pemula (MySQL – MariaDB)



phpMyAdmin – Belajar DML Untuk Pemula (MySQL – MariaDB)

phpMyAdmin - Belajar DML Untuk Pemula (MySQL - MariaDB)

Video yang berjudul phpMyAdmin – Belajar DML Untuk Pemula (MySQL – MariaDB) membahas tentang penggunaan QUERY SQL pada DML di database MySQL dan MariaDB menggunakan phpMyAdmin pada aplikasi XAMPP. Fungsi query yaitu
1. INSERT berfungsi untuk menyimpan data
2. UPDATE berfungsi untuk mengubah data
3. DELETE berfungsi untuk menghapus data
Dalam penggunaan INSERT, bila menyimpan data kosong atau null, maka saat pembuatan tabel, field harus ditambahkan NULL, maka pada proses penyimpanan data tidak akan ada masalah, jika kita menambahkan auto increment pada field, maka ketika menyimpan data, sisipkan atau inputkan kata null dan database yang mengatur proses simpan data tersebut, adapun beberapa orang ketika menggunakan query INSERT dan mereka mendefinisikan field setelah nama tabel, dan ada juga tidak mendefinisikan field setelah nama tabel, dan perhatikan juga, bila menyimpan data hanya untuk beberapa field maka setelah nama tabel, harus menyebutkan atau mendefinisikan nama field yang akan diisi data.
Dalam penggunaan UPDATE, bila ingin mengubah data, setelah kata set, maka cantumkan nama field yang akan diubah beserta data yang baru, bila mengubah data lebih dari satu field, maka gunakan tanda koma untuk field – field yang akan diubah sesuai dengan kebutuhan, akan tetapi bila hanya mengubah satu field, maka tidak menggunakan tanda koma. Wajib diingat bila mengubah data, tanpa menggunakan where, maka dapat membahayakan data akan berubah semuanya, karena hal tersebut gunakanlah where agar data yang diubah, sesuai dengan yang diinginkan dan where biasanya digunakan untuk field yang bersifat unik atau primary key.
Dalam penggunaan DELETE maka wajib menggunakan where karena agar data yang dihapus sesuai dengan yang diingkan atau ditargetkan, maka bila tidak menggunakan where dapat menyebabkan data akan terhapus semua, dan tidak bisa dikembalikan.

Database yang digunakan merupakan database pada video ini
https://youtu.be/KPhuHJB42PM

Untuk perintah DQL atau menampilkan data silahkan kunjungi video ini
https://youtu.be/fSQbRIxCRAw

Keterangan :
Bila anda menggunakan database yang sudah memiliki data maka buatlah backup atau cadangan, maka bila mendapatkan masalah ketika mengolah data tersebut setidaknya memiliki cadangan atau backup

Catatan :
Tersedia Subtitle Bahasa Indonesia dan English Language

#TeuHilap #database #XAMPP #MySQL #DML #SQL #MariaDB #phpMyAdmin #crud

Comments are closed.