Recursive – Tutorial PHP Function #08



Recursive – Tutorial PHP Function #08

Recursive – Tutorial PHP Function #08

Apakah itu recursive? Recursive adalah function yang memanggil function itu sendiri, sehingga kode di dalam function dijalankan secara berulang-ulang. Pada kenyataannya, ada beberapa bahasa pemograman lain yang tidak memiliki sintaks khusus untuk perulangan, sehingga apabila kita ingin melakukan perulangan, maka kita harus melakukan recursive.

Sama seperti perulangan, kita harus memiliki satu kondisi yang menyebabkan kita keluar dari perulangan. Pada recursive, kondisi ini kita sebut dengan nama base case. Biasanya kita menuliskan base case pada bagian paling atas dari function recursive agar tidak kelupaan. Sebab kalau kita lupa menuliskan base case, maka perulangan akan dilakukan secara terus-menerus hingga akhirnya terjadi error stack overflow.

Mengapa kita perlu menggunakan recursive? Sebab ada kasus-kasus tertentu yang cocok untuk diselesaikan dengan cara recursive, misalnya seperti kasus faktorial, deret fibbonaci, ataupun pada saat kita mesti melakukan penelurusan data secara backtracking. Kode dari kasus seperti ini akan jauh lebih sederhana kalau kita tulis menggunakan recursive, dibandingkan dengan menggunakan cara looping biasa.

Bagi yang ingin mengunduh source code pada video ini, bisa mengunjungi link dibawah ini:
https://www.skysensolution.com/baca/Tutorial-Function-Pada-PHP/Recursive

Bagi yang ingin belajar PHP secara lebih lengkap, bisa mengunjungi link dibawah ini:
https://www.skysensolution.com/post/coursedetail/Kursus-Lengkap-Pemograman-PHP

Playlist Tutorial Function Pada PHP:
https://www.youtube.com/playlist?list=PLzaXQbERHiAemACFJmP-nWTdDq4UblQ6Q