#8 Instalasi dan Konfigurasi Database Server (MariaDB + PHPMyAdmin) di Debian 10



#8 Instalasi dan Konfigurasi Database Server (MariaDB + PHPMyAdmin) di Debian 10

#8 Instalasi dan Konfigurasi Database Server (MariaDB + PHPMyAdmin) di Debian 10

Apa sih Database Server itu?
Database server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data serta menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server.
Fungsi database server sendiri adalah memberikan pengguna berupa layanan big data yang teratur sehingga mudah untuk melakukan pencarian.

Lalu, apa itu MariaDB?
MariaDB adalah sistem manajemen database relasional yang dikembangkan dari MySQL. Dan MariaDB merupakan sebuah implementasi/penerapan dari RDMS atau sistem manajemen basis data rasional yang bisa digunakan secara gratis.
MariaDB berfungsi untuk memproses data SQL dalam waktu yang bersamaan, juga bisa sebagai aplikasi database untuk ranah yang besar, dan juga untuk menyediakan data yang bermacam-macam yang tentunya akan mempermudah pengguna saat ingin menggunakan aplikasi database.

Terus PHPMyAdmin juga apa?
Phpmyadmin adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan manajemen MySQL. Dengan menggunakan phpmyadmin, anda dapat membuat database, membuat tabel, menginsert, menghapus dan mengupdate data dengan GUI agar terasa lebih mudah, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secaramanual.

Link PHPMyAdmin Blowfish Secret :
https://phpsolved.com/phpmyadmin-blowfish-secret-generator/?g

Link Unduh Copy File :
https://drive.google.com/file/d/1xaW2uV1oLprMZJFCkJbbphacUAOKjkUv/view?usp=sharing

Instalasi dan Konfigurasi DNS Server (Bind9) di Debian 10 :
https://youtu.be/pQXW1xo7ICY

T e r i m a k a s i h