Windows Server 2019 – 04. Menonaktifkan IPv6 agar DNS Bekerja Maksimal



Windows Server 2019 – 04. Menonaktifkan IPv6 agar DNS Bekerja Maksimal

Windows Server 2019 - 04. Menonaktifkan IPv6 agar DNS Bekerja Maksimal

=== Apa itu Windows Server? ===

Windows Server (sebelumnya Windows NT Server ) adalah grup sistem operasi (OS) untuk server yang dikembangkan Microsoft sejak 27 Juli 1993. OS pertama yang dirilis untuk platform ini adalah Windows NT 3.1 Advanced Server. Dengan dirilisnya Windows Server 2003 , nama merek diubah menjadi Windows Server.

Sejarah Microsoft dalam mengembangkan sistem operasi untuk server kembali ke Windows NT 3.1 Advanced Server. Windows 2000 Server adalah OS pertama yang menyertakan Active Directory , DNS Server, DHCP Server, dan Group Policy .

=== Apa itu Windows Server 2019? ====

Adalah versi kesembilan dari sistem operasi Windows Server oleh Microsoft , sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT . Ini adalah versi kedua dari sistem operasi server berdasarkan platform Windows 10 , setelah Windows Server 2016 . Itu diumumkan pada 20 Maret 2018 untuk rilis pratinjau Windows Insider pertama , dan dirilis secara internasional pada 2 Oktober 2018. Itu digantikan oleh Windows Server 2022 pada 18 Agustus 2021.

=== Kenapa sih harus belajar Windows Server? ===

Untuk seorang yang mengerti IT terlebih lagi di bidang IT Support, IT Infrastructure, IT Networking, IT System Admin memang sebuah kewajiban mengerti ‘paling ngga’ dasar dan konsep dari Windows Server. Karena dengan kita mengerti banyak, itu akan menaikkan value serta jenjang karir kita. Emang mau cuma stuck di satu bidang aja? Ngga kan?

Terlebih lagi, Windows Server itu banyak yang pake, karena laptop user itu biasanya laptop Windows (dari jaman Windows XP, sampe Windows 11 saat video ini dibuat).

=== Apa itu IPv6? ===

Alamat IP versi 6 adalah alamat IP terbaru yang digunakan saat ini. Alamat IPv6 ini lanjutan dari pendahulunya yaitu IPv4. Memang, pada dasarnya sangat berguna untuk digunakan dalam sebuah jaringan karena dulu sempat ada masalah dimana IPv4 akan habis alokasinya. Tapi semakin berkembangnya teknologi, kemampuan untuk mengatur IPv4 agar tidak habis juga semakin hebat. Itulah mengapa IPv6 sampai saat ini masih banyak yang tidak menggunakan.

Dalam hal ini, Windows Server masih bergerak atau digunakan dalam jaringan internal. IPv6 memiliki struktur yang cukup sulit dimengerti, saking banyaknya bit yang digunakan. Karena kebutuhannya untuk internal, lebih baik kita matikan IPv6 dan gunakan IPv4 saja. Gunanya untuk menghindari gagal resolve IP atau gagal lookup DNS.